Rpp kelas 7 PAI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Ponorogo
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Dua
Materi
Pokok : Hijrah ke
Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan
Alokasi
Waktu : 2x pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi
Inti
KI.1 : Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
Ki.3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian kompetensi
|
1.12
Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. Dalam periode Madinah dalam menegakkan
risalah Allah Swt.
|
1.12.1
Bersyukur kepada
Allah atas diutusnya Nabi Muhammad
saw
1.12.2
Membaca
sholawat badar sebagai penghayatan perjuangan Nabi Muhammad SAW .
|
2.12 Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
2.12.1
Melakukan sikap sopan
santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari.
2.12.2
Menunjukkan sikap
sabar dan ulet sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-
hari.
2.12.3
Bersikap
jujur, tegas, adil dan bijaksana sebagai wujud mencintai rasulullah saw dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.12
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah
|
3.12.1
Menjelaskan pengertian
hijrah Rasulullah ke Madinah.
3.12.2
Menjelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah.
3.12.3
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw.
3.12.4
Mengidentifikasi
golongan-golongan yang terkait dengan peristiwa hijrah Rasulullah.
3.12.5
Menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang terjadi saat perjalanan hijrah Rasulullah ke Madinah.
3.12.6
Menganalisis
sebab-sebab hijrahnya Rasulullah ke Madinah melalui kajian pustaka dengan
tepat.
3.12.7
Menjelaskan strategi
dakwah Nabi muhammad saw di Madinah.
3.12.8
Menyebutkan 3 program
prioritas yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah.
3.12.9
mengidentifikasi
hikmah terjadinya peristiwa hijrah Rasulullah.
|
4.12
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw
periode Madinah.
|
4.12.1
Mengidentifikasi
tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode
Madinah
4.12.2
Membuat cerita
bergambar/ensiklopedi mini strategi dakwah Rasulullah periode Madinah melalui
kajian pustaka
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah menyelesaikan kegiatan proses pembelajaran, seluruh
peserta didik diharapkan mampu:
KD 1.12
1.12.1. Bersyukur
kepada Allah atas diutusnya Nabi
Muhammad saw .
1.12.2. Membaca sholawat badar sebagai penghayatan perjuangan Nabi
Muhammad SAW .
KD
2.12
2.12.1. Membiasakan sikap sopan santun
sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari dengan
baik.
2.12.2. Membiasakan sikap sabar dan ulet
sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari.
2.12.3. Bersikap jujur, tegas, adil dan bijaksana sebagai wujud
mencintai rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari.
KD
3.12
3.12.1.
Menjelaskan pengertian
hijrah Rasulullah ke Madinah.
3.12.2.
Menjelaskan sebab-sebab
Rasulullah Hijrah dengan tepat.
3.12.3.
Menyebutkan tokoh-tokoh
yang berperan dalam hijrah rasulullah saw dengan tepat.
3.12.4.
Mengidentifikasi
golongan-golongan yang terkait dengan peristiwa hijrah Rasulullah.
3.12.5.
Menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang terjadi saat
perjalanan hijrah Rasulullah ke Madinah.
3.12.6.
Menganalisis
sebab-sebab hijrahnya Rasulullah ke Madinah melalui kajian pustaka dengan
tepat.
Pertemuan 2:
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Kd 1.2.
1.12.3. Bersyukur
kepada Allah atas diutusnya Nabi
Muhammad saw .
1.12.4. Membaca sholawat badar sebagai penghayatan perjuangan Nabi
Muhammad SAW .
KD 2.12
2.12.3. Bersikap jujur, tegas, adil dan bijaksana sebagai wujud
mencintai rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari.
KD 3.12
3.12.7.
Menjelaskan strategi
dakwah Nabi muhammad saw di Madinah
3.12.8.
Peserta didik
menyebutkan 3 program prioritas yang dilakukan Rasulullah ketika di Madinah
3.12.9.
Mengidentifikasi hikmah
terjadinya peristiwa hijrah Rasulullah saw
KD
4.12
4.12.1.
Mengidentifikasi tokoh,
tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode Madinah
4.12.2.
Menampilkan karya berupa
cerita bergambar atau ensiklopedi strategi dakwah Rasulullah saw periode
Madinah.
Fokus penguatan karakter
: Toleransi, Kerja Keras,
Mandiri, Cinta Tanah Air.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran reguler:
Pertemuan 1
a.
Sebab-sebab Rasulullah
SAW hijrah.
Hijrah artinya Pindah
Hijrah Rosul artinya
Perpindahan rasulullah Saw beserta sahabatnya dari mekkah ke madinah.
Penyebab Nabi Muhammad SAW hijrah
ke madinah adalah :
1. Karena
atas perintah Allah Swt.
2. Karena
serangan kafir Quraisy mekkah yang semakin meningkat.
3. Karena
ada harapan baru untuk mengembangkan islam di madinah.
Kaum Muhajirin adalah orang-orang
mekkah yang mekkah yang hijrah ke madinah.
Kaum Ansor adalah orang-orang
madinah yang menyambut kaum muhajirin.
b.
Peristiwa seputar keberangkatan
hijrah
Nabi
Hijrah ke Madinah menjelang larut malam bersama Abu Bakar menuju Gua Sur dan
bermalam di gua tersebut selama tiga hari.tidak seorangpun mengetahui
persembunyian beliau kecuali Abdullah bin Abu bakar dan kedua putrinya yaitu
Aisyah dan Asma serta penbantu mereka Amir bin Fuhaira.Tugas abdullah adalah
menyampaikan informasi tentang rencana kafir Quraisy.
Pada
hari ketiga menuju ke Tihama dekat laut merah.di tengah perjalanan
Rosululllah Saw singgah di Quba’ dan membangun masjid quba’ dan menjadi
masjid pertama kali di bangun oleh nabi.
Setelah
itu nabi menuju ke perkampungan Bani Salim bin auf tepat pada saat shlat jumat.dan
sholatlah beliau disana dan menjadi sholat jumat yang pertama di Islam.
Adapun
yang dilakukan Nabi di Madinah adalah:
1. Membangun
Masjid yang berfungsi untuk :
2. Mempersaudarakan
antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar.
3. Membuat
perjanjian dengan penduduk madinah.
|
c.
Golongan dan tokohnya
yang terkait dengan latar belakanghijrah
Pertemuan
2
a. Perjalanan
Hijrah Rasululloh SAW
b.
Dakwah Nabi Muhammad
SAW
c.
Piagam Madinah
d.
Strategi dakwah Nabi
Muhammad SAW
2.
Materi pembelajaran
pengayaan:
a.
Kisah-kisah perjuangan
dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Madinah
b.
Hikmah dakwah Nabi
Muhammad SAW di Madinah
3. Materi
pembelajaran remedial:
(menyesuaiakan)
Dakwah Nabi Muhammad SAW. di
Madinah:
a.
membangun masjid,
b.
mempersaudarakan antara kaum Muhajirin
dan kaum Anshar,
c.
membuat perjanjian dengan penduduk
Madinah.
d.
Perjuangan Rasullulah saw. di Madinah
dalam rangka mempersatukan umat Islam dengan umat yang lain adalah membuat
perjanjian yang sangat monumental yang disebut perjanjian Madinah atau Piagam
Madinah.
Perlu
diketahui, bahwa di Madinah tidak hanya orang-orang Islam saja yang
tinggal, tetapi di sana terdapat pula orang-orang nonmuslim. Agar terjadi hubungan
yang harmonis, saling menghormati, toleransi, dan menjaga lingkungan di Madinah,
maka harus ada kesepakatan bersama. Piagam Madinah inilah yang oleh Ibnu Hisyam disebut sebagai undang-undang dasar negara dan pemerintahan Islam yang pertama. Isinya mencakup, antara lain, perikemanusiaan, keadilan sosial, toleransi beragama, dan gotong royong.
tinggal, tetapi di sana terdapat pula orang-orang nonmuslim. Agar terjadi hubungan
yang harmonis, saling menghormati, toleransi, dan menjaga lingkungan di Madinah,
maka harus ada kesepakatan bersama. Piagam Madinah inilah yang oleh Ibnu Hisyam disebut sebagai undang-undang dasar negara dan pemerintahan Islam yang pertama. Isinya mencakup, antara lain, perikemanusiaan, keadilan sosial, toleransi beragama, dan gotong royong.
E.
Metode
Pembelajaran
Discovery learning
Pembelajaran Berbasis
Proyek
F.
Media
dan Bahan
· Media
a. Presentasi Power
Point
b.
Video pembelajaran/Film
tentang sejarah perjuangan Rasulullah
c.
Laptop/Komputer
d.
LCD Projector
e.
White Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
· Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan lainnya.
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 8 – 24).
3. Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
4. Internet/ Youtube
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta
didik dan guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin
oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta
didik memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan yang
terkait dengan hijrah Rasulullah saw;
3)
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi
interaktif tentang kapan dan dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama bapak dan
ibunya;
5)
Guru
meminta siswa mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti
pelajaran;
6)
Guru
memotivasi siswa belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak
penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok meneladani perjuangan
Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Gurumenegcek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan
siswa tentang peristiwa hijrah
rasulullah;
8)
Guru
menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru
menyampaikan cakupan materi pembalajaran;
10)
Guru
menejlaskan aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran
discovery learning dan berbasis proyek;
11)
Guru
meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian yang akan digunakan
oleh guru ( sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan
Inti
1) Peserta
didik membaca buku teks sejarah Nabi Muhammad SAW di kota Madinah dan buku
sumber lain yang ada di perpustakaan sekolah maupun dari majalah, buletin
ataupun lainnya;
2) Guru
membimbing peserta didik dengan mengajukan pertanyaan terkait kronologi
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau pertanyaan lain yang relevan.
3) Peserta
didik merumuskan permasalahan-permasalahan, misalnya :
a)
Berapa tahun Nabi
Muhammad SAW berdakwah di mekkah ?
b)
Berapa jumlah
pengikut beliau di Mekkah ?
c) Tantangan
dan halangan apa saja yang dihadapi Rasulullah di Mekkah ?
d) Hal apa yang melaterbelakangi Rasulullah saw hijrah
ke Madinah?
4) Perwakilan
peserta didik menuliskan rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika
membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
5) Guru
memandu peserta didik menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan
pembelajaran tentang sejarah Nabi Muhammad saw periode Madinah;
6) Peserta
didik merumuskan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
|
7) Guru
dan peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan
analisis data dengan cara :
a) Mendiskusikan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data
dari berbagai sumber;
b) Mendiskusikan kronologi
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah
berdasarkan data dari berbagai sumber.
|
8) Peserta
didik mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk
menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
9) Guru
membimbing peserta didik untuk menganalisis data atau informasi yang
diperoleh;
10) Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar
tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan melakukan studi literasi.
|
11) Melakukan
analisis sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke kota Madinah.
12) Melakukan
analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat
diagram alur.
13) Guru
membimbing peserta didik untuk lebih
banyak mengumpulkan data mengenai sejarah dan strategi dakwah Nabi Muhammad
saw;
14) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di
dinding informasi kelas.
|
15) Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terhadap sejarah dakwah Rasulullah saw
di Kota Madina;
16) Mengeksplorasi
pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
|
c.
Kegiatan
Penutup
1)
Guru dan peserta didik
pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil
tugas projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran secara demokratis;
3)
Guru
memberikan reward kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan ke dua
a.
Kegiatan Pendahuluan
1)
Peserta
didik dan guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin
oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta
didik memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan yang
terkait dengan perjuangan di Madinah;
3)
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk;
4)
Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi interaktif
tentang kapan dan dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama bapak dan ibunya;
5)
Guru
meminta siswa mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti
pelajaran;
6)
Guru
memotivasi siswa belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak
penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi pokok meneladani perjuangan
Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Gurumenegcek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan
siswa tentang peristiwa hijrah Rasulullah
saw;
8)
Guru
menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru
menyampaikan cakupan materi pembalajaran untuk pertemuan pertama tentang
sebab-sebab rasulullah hijrah;
10)
Guru
menejlaskan aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran
berbasis proyek;
11)
Guru
meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian yang akan digunakan
oleh guru ( sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan Inti
1) Siswa
mencermati tayangan gambar dan
kisah teladan pada kolom renungan; .
2) Siswa
menanyakan mengemukakan hasil pencermatan gambar dan video;
3) Perancangan
langkah-langkah penyelesaian proyek :
1.
Guru bersama dengan
peserta didik menentukan tema/topik projek, yaitu membuat cerita bergambar
atau ensiklopedi mini yang menyajikan strategi dakwah Rasulullah saw di
Madinah;
|
2. Guru
memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan
penyelesaian projek beserta pengelolaannya, misalnya dengan mengidentifikasi
tokoh, peristiwa, tempat, dan nilai sejarah dari dakwah periode Madinah;
|
3. Guru
memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua
kegiatan yang telah dirancangnya;
|
4. Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta
didik dalam melaksanakan rancangan
projek pembuatan cerita bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan
strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Madinah;
5. Guru
melakukan monitoring terhadap penyelesaian proyek yang telah dirancang;
|
6. Peserta
didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil karyanya;
7. Peserta
didik mempublikasikan hasil karya berupa cerita bergambar atau ensiklopedi
mini strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Madinah;
|
8. Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek.
|
c.
Penutup
1)
Guru dan peserta didik
pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil
tugas projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran secara demokratis;
3)
Guru memberikan
reward kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
Penilaian
1. Teknik
Penilianan
a. Penilian
Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi/jurnal
|
Lamp. 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lamp. 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
b.
Penilian Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi/
Jurnal
|
Lamp. 3
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 4
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lamp. 5
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
c.
Penilian Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lamp. 6
|
Saat
dan usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
1
|
Tertulis
|
Soal-soal esei
Soal-soal Pilihan ganda
|
Lamp. 7
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
d.
Penilaian Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Produk
|
Soal keterampilan produk
|
Lamp.8
|
Saat
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian
untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajardiberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran
ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan
tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan
perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan.
3. Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa
proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan
dari bahan pangan buah segar yang lain.
Ponorogo, 7 Nov
2017
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP PABP/PAI
_________________________ ______________________
Lampiran
1
Format nalai Observasi Sikap Spiritual (KI-1)
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun
pelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format Jurnal Observasi Sikap Sosial(KI-2)
NamaSekolah :
Kelas/Semester :
Tahunpelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Diri Peserta didik
Nama :…………………………….
Kelas :…………………………….
Smester :…………………………….
Petunjuk:Berilahtandacentang(√)pada kolom“Ya”atau“Tidak”sesuaidengankeadaan yangsebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya mengikuti Perjuangan perjuangan
Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
2
|
Saya menerima kepribadian Nabi
Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
3
|
Saya
melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam
menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
4
|
Saya mengikuti kepribadian Nabi
Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan
dapat diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format
tabel di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan
sesuai kebutuhan.
Tabel Contoh
Format Penilaian Antarteman
Nama
teman yang dinilai : ………………………..
Nama
penilai : …………………………
Kelas :
………………………..
Semester : ………………………
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Teman saya mengikuti Perjuangan perjuangan
Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
2
|
Teman saya menerima kepribadian Nabi
Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
3
|
Teman saya melanjutkan perjuangan
Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
4
|
Teman saya mengikuti kepribadian Nabi
Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan
dapat diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format
tabel di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan
sesuai kebutuhan.
Tabel: Contoh Kisi-kisi Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No
Soal
|
|
|
Menjelaskan pengertian hijrah
Rasulullah ke Madinah
|
Esai
|
|
Menjelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah
|
|
|
||
Menyebutkan
3 program pokok yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah
|
|
|
||
Menyebutkan isi pokok piagam madinah
|
|
|
||
Menyebutkan
berita gembira dari kota Yatsrib
|
|
|
||
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam hijrah rasulullah saw
|
|
|
||
Menjelaskan pengertian hijrah
Rasulullah ke Madinah
|
|
|
||
|
|
Dst
|
|
|
Jawablah pertannyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan
pengertian hijrah Rasulullah ke Madinah!
2. Jelaskan
sebab-sebab Rasulullah Hijrah ke Madinah!
3. Sebutkan
3 program pokok yang dilakukan Rasulullah ketika di madinah!
4. Sebutkan
isi pokok piagam madinah!
5. Sebutkan
berita gembira dari kota Yatsrib!
6.
Sebutkan tokoh-tokoh
yang berperan dalam hijrah rasulullah saw!
Tabel: Contoh Pedoman Peskoran
Soal uraian
No.
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
a.
|
|
b.
|
|
|
c.
|
|
|
d.
|
|
|
e.
|
|
|
|
|
|
2
|
a.
|
|
b.
|
|
|
c.
|
|
|
d.
|
|
|
|
|
|
3
|
…………………………………………………………………………………………
|
|
SkorMaksimum
|
|
|
4
|
dst…
|
|
|
|
Contoh
kisi-kisi penilaian Produk
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun pelajaran :
MataPelajaran
: Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
|
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah.
|
Dakwah
Nabi Di Madinah
|
·
Penyajian Alur Peristiwa
·
Kelangkapan data
danInformasi
·
Kerapihan dan Keindahan Produk
|
Produk
Time Line
|
FORMAT LAPORAN PEMBUATAN PRODUK
THEMA:
PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW. PERIODE
MADINAH
Nama Kelompok :
Anggota :
Kelas :
Nama Produk :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Jenis Produk
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahapan Proses Pembuatan
|
|
|
|
|
|
|
a.
PersiapanAlatdanBahan
|
|
|
|
|
|
|
b.
TeknikPengolahan
|
|
|
|
|
|
|
c.
KerjasamaKelompok
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Akhir
|
|
|
|
|
|
|
a.
BentukPenayangan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Inovasi
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :

Komentar
Posting Komentar